SEKOLAH MEMBERIKAN FASILITAS KHUSUS KEPADA 4 SISWA BERBAKAT DALAM GAMBAR: MENINGKATKAN POTENSI KREATIF DI LUAR KELAS

Penulis: Insan Wafi Karimullah – Fotografer : Insan Wafi Karimullah & Dwi Yuli Budianti, S.Pd.



TONGAS – Guru Geografi, Bu Dwi Yuli Budianti, S.Pd., telah menunjukkan inisiatif yang luar biasa dengan memfasilitasi empat siswa yang malas membaca buku dan belajar di dalam kelas namun memiliki bakat kreatif dalam menggambar. Beliau memberikan kesempatan kepada keempat siswa tersebut untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang materi hidrologi melalui karya seni visual. Dalam proses pembelajaran yang inovatif ini, siswa-siswa dapat menggambarkan konsep keseimbangan alam dalam menciptakan air berkualitas melalui gambar 3D sepanjang jalan pintu masuk finger sekolah.

Dengan fokus pada materi hidrologi dan pentingnya keberagaman alam dalam menciptakan air yang berkualitas, Bu Dwi Yuli Budianti bertujuan untuk menyampaikan pesan penting tentang kelestarian lingkungan kepada seluruh warga sekolah melalui karya seni siswa. Melalui gambar 3D yang menggambarkan bagaimana alam yang seimbang akan menciptakan air bersih yang dapat dinikmati banyak orang, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin tertanam dalam diri setiap individu di sekolah.

Proses pembelajaran yang dilakukan Bu Dwi Yuli Budianti ini juga memperlihatkan bahwa pembelajaran tidak hanya terbatas pada buku teks dan materi pelajaran yang kaku, tetapi juga melibatkan aspek kreatif dan imajinatif siswa. Dengan memberikan ruang bagi siswa yang memiliki potensi kreatif dalam menggambar, guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi semua siswa di kelas.

Melalui karya gambar 3D tentang hidrologi yang diciptakan oleh keempat siswa, diharapkan pesan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kualitas air dapat tersampaikan dengan jelas kepada seluruh warga sekolah. Bu Dwi Yuli Budianti berharap bahwa kehadiran karya seni ini tidak hanya menjadi dekorasi visual di sekolah, tetapi juga menjadi pengingat bagi semua warga sekolah untuk aktif turut serta dalam menjaga kebersihan, kerapihan, dan keindahan lingkungan sekolah.

Dengan langkah inovatif dan kreatif ini, Bu Dwi Yuli Budianti telah membuktikan bahwa pembelajaran bisa dilakukan dengan pendekatan yang berbeda dan menarik, sesuai dengan kebutuhan dan potensi setiap siswa. Diharapkan, melalui karya seni visual yang dihasilkan oleh keempat siswa ini, semangat untuk menjaga lingkungan dan kualitas air yang baik akan semakin tumbuh dan menjadi budaya yang diperjuangkan oleh seluruh warga sekolah.

GuruKreatif #PembelajaranInovatif #MenggambarSebagaiMediaPembelajaran #KeseimbanganAlamdanHidrologi #KonservasiLingkungan #SeniVisual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *